Pameran Bersama / Group Show
Sehat Walafiat

Seniman / Artists
Antonio S. Sinaga, Arum Tresnaningtyas Dayuputri, Meicy Sitorus, Muhammad Akbar, M.R. Adytama Pranada (Charda), Sandi Jaya Saputra, Tandia Bambang Permadi

Pameran / Exhibition
16 Agustus – 5 September 2015
August 16th – Sept 5th

Kurator / Curator
Chabib Duta Hapsoro

Wicara Seniman / Artist Talk
Sabtu, 15 Agustus 2015 pukul 16.00 – 18.00 WIB
Saturday, August 15th 2015, 4 – 6 pm

Pembukaan Pameran / Exhibition Opening
Sabtu, 15 Agustus 2015 pukul 19.30 WIB | Saturday, August 15th 2014, 7.30 pm

Pertunjukan Musik / Live gig
Tetangga Pak Gesang

Ruang MES 56
Jln. Mangkuyudan Nomor 53A, Yogyakarta 55141

Sehat Walafiat menampilkan karya beberapa seniman muda Bandung yang menjelajahi fotografi seni dalam sejumlah tema dan pokok-soal sekaligus memperlihatkan perbedaan latar belakang persentuhan dengan fotografi dalam karya-karya mereka.

Karya-karya fotografi seni dalam pameran ini mendayagunakan sekaligus mengkritik gagasan fotografi sebagai medium representasi kenyataan. Pendekatan-pendekatan para seniman muda ini juga mewakili dinamisnya medan seni rupa Bandung yang menantang untuk mereka, terutama saat berhubungan secara timbal-balik dengan praktik fotografi yang memilliki tradisi cukup panjang di kota ini.

Sehat Walafiat presents the work of some young Bandung-based artists, exploring the art of photography in some themes and ideas, at the same time showcasing the diversed background of their encounters with photography itself in their art practices.

Photography art works in this exhibition employ, at the same time criticize, the idea of using photography as the reality representation medium. The approaches of these young artists also represent the dynamic challenges of Bandung art scene towards them, especially in a reciprocate relation with the practice of photography, which actually had a long tradition in the city.

Menampilkan karya-karya: Antonio S. Sinaga, Arum Tresnaningtyas Dayuputri, Meicy Sitorus, Muhammad Akbar, M.R. Adytama Pranada (Charda), Sandi Jaya Saputra, Tandia Bambang Permadi
Sehat Walafiat menampilkan karya-karya beberapa seniman muda Bandung yang menjelajahi fotografi seni dalam sejumlah tema. Pameran ini juga merepresentasikan perbedaan latar belakang persentuhan mereka dengan fotografi, yang menandai pendekatan khas masing-masing saat menggunakan fotografi sebagai medium penyampai gagasan.

Beberapa orang berasal dari dunia fotografi dan menekuni cabang-cabang fotografi seperti jurnalistik dan dokumenter. Beberapa aspek dari kedua cabang tersebut menjadi dasar dalam mengolah pendekatan baru, misalnya performatif dan staging. Selain itu, beberapa orang tetap mempercayai dan berhasil menemukan lagi kekuatan fotografi dokumenter, sebagai sebuah medium alternatif dalam membicarakan persoalan-persoalan sosial-budaya kontemporer.

Dari arah yang lain terdapat beberapa beberapa orang yang berlatarbelakang pendidikan seni rupa. Mereka memilih fotografi sebagai sebuah konsekuensi estetik yang jitu atas eksekusi sebuah gagasan dibandingkan medium lain dalam praktik seni rupa kontemporer. Fotografi menjadi hasil akhir atau elemen penyusun karya sebagai laku interdisipliner dengan medium seni rupa lain. Praktik fotografi juga dipakai sebagai modus mengingat dan mempertanyakan konsep memori dalam membangun sebuah konstruksi sejarah. Fotografi juga menjadi basis dari sebuah karya instalasi gambar bergerak yang mewakil posisi manusia sebagai subyek-obyek dalam konstelasi budaya media dan layar.

Pendekatan-pendekatan artistik para seniman muda ini juga mewakili dinamisnya medan seni rupa Bandung yang menantang untuk mereka, terutama saat berhubungan secara timbal-balik dengan praktik fotografi yang memilliki tradisi cukup panjang di kota ini.

Chabib Duta Hapsoro
Kurator Pameran