Ruang MES 56 diundang berpartisipasi di program baru Unseen, Unseen CO-OP pada tanggal 22-24 September 2017 di Westergasfabriek, Amsterdam, Belanda. Unseen merupakan festival fotografi kontemporer yang menampilkan perkembangan fotografi terkini di dunia. Program CO-OP yang baru diselenggarakan pada tahun ini khusus menampilkan kolektif seniman dan ruang inisiatif seniman dari seluruh dunia.

Pada pameran tersebut MES 56 menampilkan proyek kolektif Living Expectation di mana kami mengkaji makna hidup dan bekerja sama sebagai kolektif. Di Indonesia, batas antara hal yang personal dan profesional sangat lebur dan tak menentu. Konsep area bisnis dan tempat tinggal sangatlah rumit. Seniman umumnya bekerja di rumah; sebagai studio dan tempat tinggal. Kolektif seniman menyewa rumah sebagai tempat bekerja dan tinggal.

Ruang MES 56 dimulai di sebuah ruang tamu rumah kontrakan di mana kami tinggal. Kami menggunakan ruang tamu tersebut sebagai ruang pameran, sementara kamar tidur difungsikan sebagai studio dan kantor. Namun, ruang-ruang tersebut tetap merupakan ruang personal dengan tanggung jawab personal. Anggota MES 56 seperti sekelompok anak yatim piatu yang tidak kenal sebelumnya lalu berkumpul untuk tujuan yang profesional, namun ujung-ujungnya menemukan sebuah keluarga dan rumah dalam kerja tersebut. Kami merubah ruang profesional menjadi hubungan personal. Kerja dan tanggung jawab dibagi berdasar atas pemahaman bersama atas kelebihan dan kelemahan masing-masing anggota. Ruang MES 56 adalah sebuah rumah bersama untuk nongkrong, belajar, bekerja dan berkontemplasi.

Proyek ini menampilkan seri fotografi dan percakapan performatif. Seri fotografi menggambarkan refleksi personal para anggota MES 56 atas pemahaman, posisi dan kontribusinya atas ruang kolektifnya. Melalui sebuah percakapan performatif, pengunjung pameran diajak untuk mendengarkan, membayangkan dan merespon kisah-kisah oral dari masing-masing anggota kolektif.

Kunjungi situs Unseen untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan wawancara kami dengan tim kuratorial Unseen CO-OP 2017.