Raw Power
Workshop Photobook Making: Project and The Photobook
Pengajar:
Flock Project
Biaya:
IDR 200.000

Pada tahun 1843, hanya berselang 4 tahun sejak proses fotografis diumumkan ke publik untuk pertama kalinya, Anna Atkins menerbitkan Photographs of British Algae: Cyanotype Impressions yang merupakan buku pertama yang seluruh gambar ilustrasi di dalamnya menggunakan foto. Bisa dibilang, sejak saat itu jugalah format buku foto telah menjadi sebuah opsi yang valid bagi para fotografer yang ingin mempresentasikan karya-karya dan gagasan mereka.
.
Seiring perkembangan pemikiran praktisi fotografi dalam memahami dan menggunakan mediumnya, karya-karya monumental dalam format buku foto yang kemudian menyandang status ikonik pun bermunculan, seperti The Americans oleh Robert Frank, Love on the Left Bank oleh Ed van der Elsken, atau William Eggleston’s Guide. Karena praktiknya yang mendunia, berbagai ragam karakteristik buku foto timbul menyesuaikan konteks lokalnya. Di Jepang misalnya, banyak fotografer yang menganggap format buku adalah media presentasi karya yang paling utama, bahkan melebihi pameran. Ini menyebabkan tingginya produktivitas fotografer-fotografer Jepang dalam menghasilkan buku foto, contohnya Nobuyoshi Araki yang sepanjang karirnya sudah menerbitkan lebih dari 400 buku.
.
Memasuki era digital, alih-alih ditinggalkan, format buku foto ternyata justru seolah mengalami masa renaisansnya. Praktik penerbitan buku foto juga mengalami evolusi mengikuti teknologi-teknologi baru yang tersedia: layanan percetakan POD (print on demand) dan media sosial saat ini memungkinkan seorang fotografer untuk menjadi pembuat, penerbit, sekaligus distributor buku fotonya sendiri. Geliat produksi dan apresiasi buku foto sekarang sudah menjadi bagian tak terlepaskan dari perkembangan wacana fotografi di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia.
.
Workshop ini akan diadakan bersama Flock Project, sebuah kolektif yang berfokus pada eksplorasi dan eksperimentasi berbagai kemungkinan penciptaan, presentasi, dan publikasi karya-karya fotografi melalui medium cetak.
.
Jadwal:
Sabtu 6 Mei 2017 Pukul 14.00-20.00
Minggu 7 Mei 2017 Pukul 14.00-20.00
.
Hari I:
– Pengenalan Dasar Buku Foto dan Karakteristiknya
– Sejarah Buku Foto dan Perkembangannya Saat Ini. Khususnya di Indonesia
– Pengenalan Konsep-Konsep Dalam Penyusunan Buku Foto: Pengolahan Gagasan, Editing/Penyuntingan, Sequencing/Alur, Desain & Tata Letak
– Praktik Penyusunan Buku Foto Tiap Peserta
.
Hari II:
– Praktik Penyusunan Buku Foto Tiap Peserta
.
Syarat Peserta:
– Peserta Harus Memiliki Satu Project/Body of Work Dengan Jumlah Foto Minimal 40-50 Foto. Lebih Banyak Lebih Baik.
– Peserta Wajib Membawa Laptop Dengan Aplikasi Penyunting Foto (Adobe Bridge, ACDSee, Photo Mechanic, dsb.)
.
Fasilitas:
– Print Dummy
– Snack
– Makan Malam
– Sertifikat
– MES 56 Official Merchandise
.
Pendaftaran: Vandy Rizaldi (0857-4378-9528)