18-31 Agustus 2021
Akiq AW, Dito Yuwono

ArtJog MMXXI
Jogja National Museum
Jl. Gampingan No. 1
Yogyakarta

Selain melalui penguasaan atas ekspresi politik dan ekonomi, bentuk hegemoni yang paling halus dan kuat adalah dengan penguasaan atas consent, persetujuan atau kesepakatan atas apa yang penting dan apa yang tidak. Penguasaan melalui consent ini salah satunya secara lembut menyusup ke dalam apa yang disebut dengan akal sehat; bahwa apa yang dianggap masuk akal, yang sesuai dengan nalar adalah sesutu yang dikonstruksi oleh kuasa hegemonik. Kemudian warga dengan begitu saja menganggap apa yang ada sebagai wajar, normal, dan sesuai dengan yang seharusnya.

Dua karya dalam pameran kali ini mengungkap manifestasi ideologis Orde Baru melalui produk kebijakan negara yang alih-alih menjadi pengingat justru mengambil peran lebih jauh, yaitu manifestasi kuasa pihak berwenang yang secara terus-menerus menghadirkan perasaan ketakberdayaan pada alam pikir warganya.

Seri pameran On Heavy Rotation mempertanyakan ulang waktu yang sudah berjalan dalam praktik MES 56. Hal-hal yang berkaitan dengan laku yang menubuh pada tiap-tiap individu dalam melakukan proses penciptaan, maupun laku yang telah menubuh pada organisasi untuk memberikan ruang yang setara melalui penggunaan ruang yang sama.