Ruang MES 56

 ArtJog MMXXI Arts In Commons: Time To Wonder

8 Juli – 31 Agustus 2021

 Jogja National Museum
Jl. Gampingan No. 1, Yogyakarta

Partisipasi Ruang MES 56 di ArtJog MMXXI berupaya mempertanyakan ulang waktu yang sudah berjalan dalam praktiknya. Hal-hal yang berkaitan dengan laku yang menubuh pada tiap-tiap individu dalam melakukan proses penciptaan, maupun laku yang telah menubuh pada organisasi untuk memberikan ruang yang setara melalui penggunaan ruang yang sama.

Perbedaan generasi yang terdapat di dalamnya, memunculkan secuil gap yang memisahkan pengetahuan dan pengalaman. Organisasi yang sudah setua anggota termuda (jika dihitung sejak pre-MES 56) membutuhkan formula untuk dapat bertahan dan mencari solusi terhadap setiap tantangan yang dihadapi. Untuk itu dibutuhkan peremajaan yang menuntut pewarisan ilmu pengetahuan, jaringan, dan pengalaman yang ditemui dalam kurun waktu 19 tahun terakhir.

Perjalanan panjang dan laku yang terus diulang sejak awal kelahirannya, memunculkan “On Heavy Rotation” sebagai gagasan untuk membungkus empat sub tema yang digelar pada hajatan ArtJog Arts in Common kali ini. “On Heavy Rotation” juga dimaknai sebagai rangkuman dan usaha untuk menunjukan laku yang dijalankan sejak awal tahun 2000an. Gagasan tersebut dihubungkan dengan “Time to Wonder” yang dimaknai sebagai peristiwa untuk merefleksikan hal-hal yang telah dilalui. Pameran akan berganti dalam empat putaran dimana masing-masing putaran berangkat pada laku reflektif pada tiap-tiap individu dalam melakukan proses penciptaan. Masing-masing sub tema terbagi dalam empat fragmen gagasan atas: repetisi dan eksperimentasi (putaran pertama yang berjudul “On Heavy Rotation: Remix Fantastix”), lanskap (putaran kedua yang berjudul “On Heavy Rotation: Scenery in Absentia”), kebendaan (putaran ketiga yang berjudul “On Heavy Rotation: Material of Memories”), dan sosial-politik (putaran keempat yang berjudul “On Heavy Rotation: The Understatement”).