Diskusi Buku
Seni, Apa Itu? Posisi Estetika dari Platon sampai Danto
Karya Michael Hauskeller
(Yogyakarta: Kanisius, 2015)

Pembicara: Wahyudin

Kamis, 1 Oktober 2015
Jam 15:00 – 18.00 WIB
Ruang MES 56
Jl. Mangkuyudan No. 53A, Yogyakarta

“Apa itu seni?” adalah pertanyaan sederhana, tapi belum sudah terjawab. Sejak zaman Yunani klasik, pada sebelum Masehi, hingga zaman posmodernisme di abad ke-21, para filsuf telah berikhtiar penuh seluruh menjawabnya. Tapi, jawaban mereka tak lebih dari percobaan intelektual sementara yang memperlihatkan kemustalihan menemukan jawaban tunggal atas pertanyaan tersebut.

Seturut buku Michael Hauskeller Seni, Apa Itu? Posisi Estetika dari Platon sampai Danto (Yogyakarta: Kanisius, 2015), evolusi pemikiran estetika berkembang dengan persetujuan dan penolakan, dengan sabur-limbur dan tambal-sulam, yang justru menunjukkan pentingnya posisi seni di alam pikiran filsafat. Itu juga yang meyakinkan penghayat filsafat bahwa “apa itu seni?” tak dapat diringkus-rampung dalam satu jawaban, pengertian, atau definisi.

Tapi itulah amal jariyah para filsuf bagi dunia filsafat dan seni yang pantas kita diskusikan. Siapa tahu kita dengan pretensi intelektual cupul terhibur dan tercerdaskan dalam sepeminuman kopi. Apalagi jika kita bisa menerapkan, merekayasa atau menambahinya dengan penuh daya cipta dalam berseni rupa.

Kontak:
Ris +62 818 260 134
mes56post@gmail.com

www.mes56.com