Archiving the Exotic and Unfamiliar

Poster Pameran Thomas Breakwell-01

Thomas Breakwell adalah seniman kelahiran Melbourne, pada tahun 2010 mendapatkan gelar sarjana Fine Arts in Photography di RMIT University. Dia pernah berpameran di Sydney dan Melboune; CCP Documentary Photography Awards (Pameran Keliling berskala Nasional dari 2011 – 2013) dan mengadakan pameran tunggal tahun 2012 “New Frontier” di Seventh Gallery, Melbourne dan “Squats” – Kings ARI, Melbourne, 2011. Untuk seri foto “Squats” dia mendapatkan penghargaan di CCP Documentary Photography Award.

Thomas memiliki gagasan dengan manusia dan alam sekitarnya dan bekerja dalam beberapa isu tentang bagaimana manusia berelasi dengan lingkungan dimana ia tinggal, seperti perkotaan dan segala isinya yang secara visual bersentuhan dengan pemandangan alamiah dimana didalamnya terdapat pepohonan, tumbuhan, binatang, potret manusia dan segala komponen yang ada di bumi.

Selama bulan Mei hingga Agustus 2012 Thomas menjalani residensi di Yogyakarta, yang dikelola oleh Ruang MES 56.

Disini, Thomas mengadopsi metode arkeologi, ia mengumpulkan benda-benda dan membuat dokumentasi. Namun Ia menciptakan fiksi, narasi yang mengarah dan menginformasikan jenis kehidupan apa yang telah berlalu selama dan sebelum, melalui arsip visual. Sebuah arsip visual selama residensi. Rasa ingin tahu dan takjub melihat pengalaman baru dan eksotis sebagai orang asing.Pembukaan pameran ini sekaligus merupakan open house rumah baru MES 56 di Jl. Minggiran No. 61A, Mantrijeron, Yogyakarta 55141.

Download catalog here

Comments are closed.